PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK MODEL ANALOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PADA KOMPETENSI PERAWATAN DAN PEMERIKSAAN SISTEM PENGAPIAN SISWA KELAS XI TKR SMK N 2 DEPOK

Muhamad, Amiruddin (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK MODEL ANALOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PADA KOMPETENSI PERAWATAN DAN PEMERIKSAAN SISTEM PENGAPIAN SISWA KELAS XI TKR SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Muhammad Amiruddin 10504244018.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK MODEL ANALOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PADA KOMPETENSI PERAWATAN DAN PEMERIKSAAN SISTEM PENGAPIAN SISWA KELAS XI TKR SMK N 2 DEPOK Oleh: Muhamad Amiruddin 10504244018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan prosedur pelaksanaan pembelajaran konstruktivistik model analogi untuk meningkatkan prestasi belajar kompetensi Perawatan dan Perbaikan Kelistrikan Otomotif siswa kelas XI TKR SMK N 2 Depok Sleman. 2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar kompetensi Perawatan dan Perbaikan Kelistrikan Otomotif siswa kelas XI TKR SMK N 2 Depok setelah diterapkan pembelajaran konstruktivistik model analogi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, hingga refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR semester genap tahun akademik 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan pada tiap akhir siklus dilakukan evaluasi berupa postest. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan tes. Penelitian ini diawali dengan observasi pra-penelitian untuk mengetahui proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan untuk memperoleh data nilai siswa. Dalam proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model analogi selama proses pembelajaran dalam tiap pertemuan. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Pelaksanaan model analogi ini mengacu pada kaidah penggunaan analogi: fokus-aksi-refleksi, pada tahap fokus peneliti mencari analogi yang tepat dengan memperhatikan tingkat keakraban siswa dengan analog agar konsep target yang hendak diajarkan dapat diterima siswa dengan mudah, tahap aksi adalah mendiskripsikan kemiripan dan ketidakmiripan antara analog dengan target, terakhir adalah refleksi yang menuntut untuk melakukan evaluasi kembali atas analogi yang telah diaplikasikan agar dimasa yang akan datang analogi tersebut dapat dipakai lagi atau dilakukan perbaikan. 2) Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TKR. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa dan persentase ketuntasan klasikal sebagai berikut: pada pra-penelitian nilai rata-rata siswa adalah 78,5 dan 80,2 persentase ketuntasan klasikal A 71,8% dan B 68,7%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,2 dan persentase ketuntasan klasikal kelas 81,2%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 92,3 dan persentase ketuntasan klasikal kelas 93,7%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran konstruktivistik model analogi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mencapai ketuntasan klasikal kelas ≥85%. Kata kunci: PTK, metode FAR, hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Mar 2016 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30284

Actions (login required)

View Item View Item