HUBUNGAN PENGALAMAN KERJA DAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PROGRAM STUDI (PRODI) TEKNIK ELEKTRONIKA KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SATU PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

Muhamad, Surya Danu Saputra (2016) HUBUNGAN PENGALAMAN KERJA DAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PROGRAM STUDI (PRODI) TEKNIK ELEKTRONIKA KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SATU PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Muhamad Surya Danu 11502247012.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PENGALAMAN KERJA DAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PROGRAM STUDI (PRODI) TEKNIK ELEKTRONIKA KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SATU PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) Oleh Muhamad Surya Danu Saputra NIM. 11502247012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Pengalaman Kerja terhadap Efektivitas Pembelajaran guru mata pelajaran produktif SMK prodi teknik elektronika kompetensi keahlian elektronika industri satu Provinsi DIY, hubungan Keterampilan Pengelolaan Kelas yang dilakukan oleh guru terhadap Efektivitas Pembelajaran guru mata pelajaran produktif SMK prodi teknik elektronika kompetensi keahlian elektronika industri satu provinsi DIY, hubungan Pengalaman Kerja dan Keterampilan Pengelolaan Kelas secara bersama-sama terhadap Efektivitas Pembelajaran guru mata pelajaran produktif SMK prodi teknik elektronika kompetensi keahlian elektronika industri satu provinsi DIY. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah guru mata pelajaran produktif SMK prodi teknik elektronika kompetensi keahlian elektronika industri satu provinsi DIY. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pengalaman Kerja terhadap Efektivitas Pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,656, koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,430 ; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Keterampilan Pengelolaan Kelas terhadap Efektivitas Pembelajaran. Hal ini ditunjukan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,716, koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,512 ; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pengalaman Kerja dan Keterampilan Pengelolaan Kelas terhadap Efektivitas Pembelajaran. Hal tersebut ditunjukan oleh harga koefisien korelasi ganda (Ry(1,2)) sebesar 0,799 yang lebih besar dari rtabel. Koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,639, ini berarti bahwa 63,9% perubahan pada variabel Efektivitas Pembelajaran dapat dijelaskan oleh Pengalaman Kerja dan Keterampilan Pengelolaan Kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Mar 2016 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30283

Actions (login required)

View Item View Item