PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KELOMPOK (TEAM BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 2 DEPOK SLEMAN

Muhammad, Rizki Juniarto (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KELOMPOK (TEAM BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Muh.Rizki.J_13503242001.pdf

Download (46MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KELOMPOK (TEAM BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 2 DEPOK SLEMAN Oleh : Muhammad Rizki Juniarto NIM 13503242001 ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi mekanik dengan penerapan metode pembelajaran berbasis kelompok (Team Based Learning) di kelas X TPB jurusan teknik pemesinan SMK N 2 Depok; (2) Mengetahui model penerapan metode pembelajaran berbasis kelompok (Team Based Learning) pada mata pelajaran teknologi mekanik di kelas X TPB Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 2 Depok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2014 hingga September 2014 di SMK N 2 Depok Sleman. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TPB sebanyak 32 Responden. Objek penelitian adalah proses pembelajaran teknologi mekanik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Menunjukkan ada peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada pretest 47,40 kemudian pada hasil tes siklus I nilai rata-rata siswa 76,19. Hal tersebut menunjukan peningkatan nilai hasil belajar sebesar 28,79%. Sedangkan pada siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebesar 2,62%, yaitu dari nilai rata-rata siklus I 76,19 menjadi 78,81 pada siklus II. Selanjutnya pada siklus II menuju siklus III, nilai rata-rata pada siklus II adalah 78,81 kemudian menjadi 83,41 pada hasil tes siklus III. Hal tersebut menunjukan peningkatan nilai hasil belajar sebesar 4,6 %. (2) Bentuk metode pembelajaran berbasis kelompok (Team Based Learning) yang dilakukan pada mata pelajaran teknologi mekanik yaitu: (a) Guru merencanakan materi pembelajaran (b) Pengmpulan tugas agar siswa belajar secara mandiri dirumah sebagai modal pengetahuan materi awal (c) Penjelasan materi dasar kepada siswa (d) Pengorganisasian siswa dalam membentuk kelompok belajar. (e) Kegiatan belajar kelompok siswa untuk mendalami materi yang telah diberikan. (f) Presentasi setiap kelompok untuk memaparkan materi yang telah siswa pelajari. (g) Melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa dengan menggunakan tes pilihan ganda dan tes uraian. Kata kunci : Team Based Learning (TBL), Teknologi Mekanik, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Mar 2016 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30281

Actions (login required)

View Item View Item