PENYUSUNAN LKS KEANEKARAGAMAN JENIS IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI TPI MINAMARTANI PANTAI DRINI GUNUNGKIDUL BAGI SISWA KELAS X

Tribuana, Armet (2015) PENYUSUNAN LKS KEANEKARAGAMAN JENIS IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI TPI MINAMARTANI PANTAI DRINI GUNUNGKIDUL BAGI SISWA KELAS X. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Armet Tribuana.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keanekaragaman jenis ikan hasil tangkapan nelayan di TPI Minamartani Pantai Drini, 2) Menganalisis potensi hasil penelitian tentang keanekaragaman jenis ikan di TPI Minamartani Pantai Drini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif sumber belajar keanekaragaman jenis ikan 3) mengetahui kelayakan LKS yang disusun dari aspek kelayakan isi/materi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian ini terdiri dari dua macam penelitian yaitu, penelitian deskriptif dan penelitian pengembangan. Penelitian deskriptif dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengumpulkan data keanekaragaman jenis ikan hasil tangkapan nelayan Pantai Drini Gunungkidul. Penelitian pengembangan melakukan pengembangan hasil penelitian Biologimenjadi alternatif panduan belajar berbentuk LKS. Proses penyusunan LKS ini menggunakan prosedur pengembangan sumber belajar dengan tahapan analysis, design, development and production,implementation, dan evaluation (ADDIE model), namun di dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap analysis, design, development and production (ADD). Instrumen penelitian berupa lembar angket penilaian kualitas LKS dengan menilai berbagai aspek yaitu aspek kelayakan isi/materi, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan hasil tangkapan nelayan di TPI Minamartani Pantai Drini Gunungkidul ditemukan 26 jenis ikan yang memiliki keseragaman dan keberagaman berdasarkan ciri morfologinya. Ikan hasil tangkapan nelayan di TPI Minamartani Pantai Drini Gunungkidul berpotensi sebagai sumber belajar yang dikemas menjadi panduan belajar berbentuk LKS, potensi tersebut yakni keanekaragaman jenis ikan hasil tangkapan nelayan Pantai Drini. Produk yang dihasilkan LKS materi keanekaragaman jenis ikan. Kualitas LKS yang telah disusun ditinjau dari aspek kelayakan isi/materi, kebahasaan, dan kegrafisan memenuhi kriteria kualitas LKS dengan hasil sangat baik dan pada aspek penyajian memenuhi kriteria kualitas LKS dengan hasil baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKS, sumber belajar, keanekaragaman jenis ikan, panduan belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 14 Mar 2016 02:25
Last Modified: 30 Jan 2019 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30280

Actions (login required)

View Item View Item