JOGJA DIGITAL VALLEY DAN BUDAYA DIGITAL (Studi Pada Industri Kreatif Digital di Yogyakarta)

Tunjungsari, Prima Ratih (2015) JOGJA DIGITAL VALLEY DAN BUDAYA DIGITAL (Studi Pada Industri Kreatif Digital di Yogyakarta). S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
SKRIPSI FULL 11413244036 PRIMA RATIH TUNJUNGSARI.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai kesiapan Jogja Digital Valley dari aspek sosial budaya untuk mengembangkan budaya digital. Selain itu juga untuk mengetahui ekosistem yang dikembangkan Jogja Digital Valley untuk mengembangkan budaya digital, serta peran Jogja Digital Valley dalam mengembangkan budaya digital di Yogyakarta. Penelitian mengenai Jogja Digital Valley dan Budaya Digital ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yaitu pelaku industri kreatif digital di Yogyakarta yang menjadi anggota Jogja Digital Valley. Selain itu informan penelitian juga mengetahui kegiatan yang dilakukan di Jogja Digital Valley. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi atau arsip. Proses analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jogja Digital Valley (JDV) merupakan sebuah Creative Centre untuk pengembangan ide kreatif dan inovatif berbasis aplikasi digital. Pembangunan JDV berfungsi sebagai ruang kerja bersama (co-working space) dan inkubator bisnis digital. JDV memudahkan masyarakat untuk berinteraksi dalam bidang digital sehingga dan menjadi trend positif bagi perkembangan digital di Yogyakarta. JDV berupaya untuk mendorong dan mengarahkan industri digital, budaya digital dan gaya hidup digital. Peran JDV dalam mendorong pengembangan budaya digital yaitu sebagai role model digitalisasi. Pembangunan JDV bertujuan agar masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidup dengan pemanfaatan teknologi digital. Selanjutnya, peran JDV dalam mengembangkan budaya digital di Yogyakarta antara lain dengan mendorong industri kreatif digital untuk mengembangkan produk dan jasa aplikasi, sementara di sisi masyarakat memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai berbagai macam produk teknologi digital yang dapat digunakan. Dengan demikian diharapkan agar masyarakat menjadi lebih terbiasa dengan pemanfaatan teknologi digital dan masyarakat dapat melakukan kegiatan produktif berbasis teknologi yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan (social wealth improvement and social wealth creation). Kata Kunci: Jogja Digital Valley (JDV), Budaya Digital, Industri Kreatif Digital

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 14 Mar 2016 01:01
Last Modified: 30 Jan 2019 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30272

Actions (login required)

View Item View Item