Pengembangan Media Macromedia Flash untuk Pembelajaran Membaca dan Menulis Bahasa Indonesia di SMA

Hariyanto, Petrus (2014) Pengembangan Media Macromedia Flash untuk Pembelajaran Membaca dan Menulis Bahasa Indonesia di SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-petrus-hariyanto-11706251044.swf

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Macromedia Flash untuk pembelajaran membaca dan menulis Bahasa Indonesia di SMA. Kegiatan ini merupakan penelitian dan pengembangan. Subjek uji cobanya adalah siswa kelas X Semester 2 Sekolah Menengah Atas Tiga Maret (SMA Gama) Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Maret—Juni 2013. Pelaksanaannya melalui 10 tahap: 1) analisis kebutuhan; 2) desain; 3) produksi; 4) validasi I (oleh 2 guru, 3 pakar media, dan 3 pakar pembelajaran); 5) revisi; 6) validasi II (oleh 2 guru, 3 pakar media, dan 3 pakar pembelajaran); 7) revisi; 8) uji kelompok kecil (15 siswa); 9) revisi; dan 10) uji kelompok besar (39 siswa). Data dikumpulkan melalui kuesioner, berupa hasil penilaian kualitas media pembelajaran dan saran perbaikan produk. Data kuantitatif dianalisis dengan statistika deskriptif. Data berupa saran dipergunakan untuk merevisi produk yang dihasilkan. Hasil penelitian ini berupa media Macromedia Flash yang berkualitas untuk pembelajaran membaca dan menulis Bahasa Indonesia di SMA. Produk tersebut mencakup komponen media teks, gambar, warna, dan suara (musik); bersifat interaktif. Isinya berupa materi pembelajaran membaca dan menulis Bahasa Indonesia SMA Kelas X Semester 2, khususnya berkenaan dengan kompetensi merangkum tabel dan menulis paragraf argumentatif berdasarkan tabel. Ketiga pakar media mengategorikan baik dengan rerata hitung 4,04. Ketiga pakar pembelajaran mengategorikan sangat baik dengan rerata hitung 4,66. Kedua guru mengategorikan baik dengan rerata hitung 4,06. Menurut siswa, berdasarkan uji coba kelompok besar (lapangan), produk berkategori baik dengan rerata hitung sebesar 3,84. Dapat disimpulkan bahwa media Macromedia Flash untuk pembelajaran merangkum tabel dan menulis paragraf argumentatif berdasarkan isi tabel ini layak dipergunakan dalam pembelajaran membaca dan menulis Bahasa Indonesia di SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media Macromedia Flash, pembelajaran membaca dan menulis, Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2016 02:37
Last Modified: 29 Jan 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30263

Actions (login required)

View Item View Item