Perbandingan Keefektifan Metode Penemuan dengan Metode Penugasan dalam Pembelajaran Menulis Laporan pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Mayong Ditinjau dari Tipe Kepribadiannya

Soffan, M. Mustajib (2014) Perbandingan Keefektifan Metode Penemuan dengan Metode Penugasan dalam Pembelajaran Menulis Laporan pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Mayong Ditinjau dari Tipe Kepribadiannya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-m-mustajib-soffan-12706259009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, perbedaan kemampuan menulis laporan peserta didik antara kelas yang menggunakan metode penemuan dengan metode penugasan. Kedua, untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan menulis laporan antara peserta didik ekstrover dan introver dengan metode penemuan. Ketiga, untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan menulis laporan antara peserta didik ekstrover dan introver dengan metode penugasan. Keempat, untuk mengetahui adanya interaksi antara kemampuan menulis laporan peserta didik ekstrover dan introver dalam pembelajaran dengan metode penemuan dan penugasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi exsperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Mayong Kabupaten Jepara. Sampel sejumlah 170 peserta didik ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kemampuan menulis laporan diperoleh dari tes kinerja menulis laporan. Instrumen yang digunakan telah diuji validitasnya oleh penguji. Perbedaan dan interaksi variabel bebas dengan variabel terikat dilakukan dengan uji anova. Analisis dilakukan pada taraf siginifikansi 5%. Hasil uji statistik pertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis laporan peserta didik antara kelas yang menggunakan metode penemuan dengan metode penugasan, ditunjukkan nilai F hitung (13,021) > F tabel, sig.0,001 < 0,05. Kemudian hasil uji statistik kedua adalah tidak terdapat perbedaan kemampuan menulis laporan dengan metode penemuan antara peserta didik ekstrover dan introver, ditunjukkan nilai F hitung (3,353) < F tabel (3,93), sig. 0,73 > 0,05. Uji statistik ketiga, tidak terdapat perbedaan kemampuan menulis laporan dengan metode penugasan antara peserta didik ekstrover dan introver, ditunjukkan nilai F hitung (3,353) < F tabel (3,93), sig. 0,73 > 0,05. Akhirnya hasil uji statistik keempat adalah tidak terdapat interaksi antara kemampuan menulis laporan peserta didik ekstrover dan introver dalam pembelajaran dengan metode penemuan dan penugasan, ditunjukkan nilai F hitung (2,331) < F tabel, sig.0,133 > 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode penemuan, metode penugasan, tipe kepribadian (ekstrover dan introver), kemampuan menulis laporan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2016 08:32
Last Modified: 23 Nov 2022 02:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30260

Actions (login required)

View Item View Item