Peningkatan Penguasaan Kosakata dalam Bahasa Indonesia dengan Metode Bermain Peran (Role Play) pada Siswa TK Masyitoh Kembangsongo II, Trimulyo, Jetis, Bantul, Yogyakarta

Muharudin, Eko (2014) Peningkatan Penguasaan Kosakata dalam Bahasa Indonesia dengan Metode Bermain Peran (Role Play) pada Siswa TK Masyitoh Kembangsongo II, Trimulyo, Jetis, Bantul, Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eko-muharudin-10706251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan penguasaan kosakata dalam bahasa Indonesia pada siswa TK Masyitoh Kembangsongo II, Trimulyo, Jetis, Bantul, Yogyakarta dengan metode bermain peran (role play). Tujuan tersebut didasarkan atas permasalahan penguasaan kosakata dalam bahasa Indonesia untuk berkomunikasi siswa TK Masyitoh Kembangsongo II, Trimulyo, Jetis, Bantul masih rendah. Selain itu, masih banyak siswa yang kurang aktif dan kurang termotivasi saat belajar di kelas. Tindakan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan pemanfaatan metode bermain peran (role play) dalam penguasaan bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan penguasaan kosakata dalam bahasa Indonesia dengan metode bermain peran (role play) bagi siswa TK Masyitoh Kembangsongo II, Trimulyo, Jetis, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Taggart dengan prosedur penelitian berupa perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Kriteria validitas data mencakup validitas demokratik, validitas proses, validitas hasil, validitas katalistik, dan validitas dialogik. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah mencermati dan menelaah data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain peran (role play) dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata dalam bahasa Indonesia pada siswa TK Masyitoh Kembangsongo II, Trimulyo, Jetis, Bantul. Tindakan yang telah dilakukan meliputi penyajian materi dengan media visual, pengomunikasian, pengorganisasian kelas, perencanaan lapangan, penerapan metode bermain peran (role play), dan penilaian. Perubahan positif terjadi dalam hal: (1) proses pembelajaran bahasa Indonesia menjadi lebih menyenangkan, (2) siswa lebih termotivasi untuk belajar bahasa Indonesia, (3) siswa lebih aktif dalam belajar, dan (4) penguasaan kosakata dalam bahasa Indonesia pada siswa semakin meningkat dalam siklus per siklus. Hal ini dapat dilihat dari: (1) pengucapan kosakata semakin benar dan lancar dan (2) pemahaman dan penggunaan kosakata dalam bahasa Indonesia semakin baik dari siklus per siklus.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kosakata, metode bermain peran (role play)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2016 07:27
Last Modified: 17 Nov 2022 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30256

Actions (login required)

View Item View Item