Nilai-nilai Kultural Tindih dalam Lelakaq Suku Sasak Lombok sebagai Kebudayaan Lokal dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Madrasah Aliyah Unwanul Falah Paok, Lombok Lombok Timur

Aziz, Abd (2014) Nilai-nilai Kultural Tindih dalam Lelakaq Suku Sasak Lombok sebagai Kebudayaan Lokal dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Madrasah Aliyah Unwanul Falah Paok, Lombok Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abd-aziz-12706251067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi oleh makin merosotnya nilai kultural pada masyarakat Sasak. Sesuai dengan latarbelakang tersebut, maka masalah penelitian ini adalah bentuk bentuk nilai kultural tindih apa saja yang terkandung dalam lelakaq masyarakat suku Sasak dan bagaimanakah bentuk pengaplikasiannya pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Madrasaah Aliyah Unwamul Falah Paok Lombok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk bentuk nilai kultural tindih dalam lelakaq suku Sasak Lombok serta mendeskripsikan teknik pengaplikasiannya dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Madrasah Aliyah Unwanul Fajlah Paok Lombok yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yang sekaligus sebagai keunggulan lokal. Pendekatan yang digunakan adalah hermeneutik dan sosiologi sastra. Pendekatan hermeneutik digunakan untuk mengungkapkan makna lelakaq, sementara sosiologi sastra digunakan untuk mengungkapkan bentuk nilai tindih dalam lelakaq yang sesuai dengan perspektif budaya Sasak. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi/rekaman, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dalam lelakaq, banyak terdapat konsep tindih. konsep tindih ini masih relevan dengan realitas sosial masyarakat Sasak saat ini. Nilai kultur tindih yang ditemukan pada penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu pedoman untuk berbahasa dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari terutama di kalangan pelajar SMA/MA. Oleh karena itu, nilai nilai tindih dalam Lelakaq juga bisa dijadikan sebagai bahan ajar SMA/MA dan sekaligus sebagai keunggulan lokalnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai kultral tindih, Sasak, keunggulan lokal, lelakaq
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2016 02:07
Last Modified: 15 Nov 2022 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30251

Actions (login required)

View Item View Item