PENGARUH PENGGUNAAN HANDOUT PADA MATA DIKLAT TEORI PERBAIKAN SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Kelik, Rudianto (2012) PENGARUH PENGGUNAAN HANDOUT PADA MATA DIKLAT TEORI PERBAIKAN SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE_INFLUENCE_OF_HANDOUT_IMPLEMENTATION_ON_REPAIRTION_THEORY_COURSE_OF_AUTOMOTIVE_ELECTRICAL_SYSTEM_TOWARD_STUDENT_LEARNING_OUTCOMES_FOR_XI_CLASS_OF_LIGHT_VEHICLE_ENGINEERING_DEPARTMENT_IN_SMK_MUHAMMADIYAH_3_YOGYAKARTA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurang tepatnya penerapan penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran. Alternatif itu diantaranya adalah pembelajaran dengan menggunakan media handout. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media handout terhadap hasil belajar siswa, apakah ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang diajar menggunakan handout dengan kelas yang diajar tanpa handout pada kompetensi pemeliharaan/perbaikan sistem pengapian siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperiment Control Group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dengan jumlah 136 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive Sampling. Jumlah sampel sebanyak 62 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen yaitu kelas XI MOB dan kelompok kontrol yaitu kelas XI MOA dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes. Validitas instrumen ini melalui pendapat para ahli (experts judgement), uji coba soal dan analisis butir soal. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t model Separated varian satu pihak. Untuk tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar perbaikan sistem kelistrikan otomotif siswa kelas yang diajar menggunakan media handout lebih tinggi daripada hasil belajar perbaikan sistem kelistrikan otomotif siswa kelas yang diajar menggunakan pembelajaran tanpa media handout. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel yaitu sebesar 4,289 > 1,671 dengan perolehan rerata kelas yang diajar menggunakan handout lebih tinggi dari kelas yang diajar tanpa menggunakan handout yaitu sebesar 7,15 > 6,51. Dengan demikian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2012 03:36
Last Modified: 29 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3025

Actions (login required)

View Item View Item