KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE AND CRITICAL THINKING (DDCT) DAN MODEL CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DEPOK

Putri, Dita Indriana (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE AND CRITICAL THINKING (DDCT) DAN MODEL CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DEPOK. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi 11416244027.swf - Published Version

Download (7MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum maksimalnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Deep Dialogue and Critical Thinking (DDCT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Depok. Penelitian ini menggunakan quasi experimen (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Group Design.Penelitian ini melibatkan dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model DDCT dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model ceramah. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pretest-posttest, dan dokumentasi. Validitas instrumen diuji dengan menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas diuji dengan Alpha Cronbach. Normalitas data diuji dengan menggunakan Kolmogorov Smirnov. Homogenitas diuji dengan menggunakan Levence Test, dan uji hipotesis dengan Independent Sample Test. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 87,06, sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 80,40. Dari hasil pengujian hipotesis untuk hasil belajar diperoleh t_hitung= 3,069 >t_tabel = 2,000 dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian model pembelajaran Deep Dialogue and Critical Thinking (DDCT) efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Depok. Kata kunci: Deep Dialogue and Critical Thinking, Ceramah, dan Hasil Belajar IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 11 Mar 2016 01:29
Last Modified: 11 Mar 2016 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30249

Actions (login required)

View Item View Item