Hisbullah, Isnan Aziz (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Bulutangkis untuk Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-isnan-aziz-hisbullah-12711251016.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran bulutangkis untuk peserta didik sekolah dasar kelas atas yang layak digunakan guru penjasorkes SD sebagai salah satu bentuk model pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) identifikasi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) diseminasi dan implementasi produk final. Uji coba lapangan skala kecil pada peserta didik kelas IV di SD Negeri Balangan 2, yang berjumlah 22 peserta didik. Uji coba lapangan skala besar pada empat sekolah, yaitu kelas IV SD Muhammadiyah Sangonan I sebanyak 26 peserta didik, kelas IV SD Negeri Balangan 1 sebanyak 30 peserta didik, kelas IV SD Negeri Kebonagung sebanyak 32 peserta didik, dan kelas V SD Negeri Sendangharjo sebanyak 16 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar obsrevasi model, lembar observasi keefektifan, angket anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berupa model pembelajaran bulutangkis yang terdiri dari 22 permainan yaitu: (1) berburu dengan kok, (2) memukul balon, (3) jepit balon, (4) pantul balon, (5) pukul balon dengan raket papan, (6) timang-timang balon, (7) forehand balon, (8) backhand balon, (9) gebuk balon, (10) estafet balon, (11) lempar tangkap kok, (12) perang kok, (13) lempar kok lob, (14) lempar kok smash, (15) timang-timang kok dengan raket papan, (16) pukulan dengan raket papan, (17) timang-timang kok forehand, (18) timang-timang kok backhand, (19) timang-timang kok forehand-backhand, (20) estafet forehand, (21) estafet backhand, (22) estafet forehand-backhand. Produk disusun dalam DVD pembelajaran dan buku panduan model. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi, pelatih dan guru, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan model pembelajaran bulutangkis untuk peserta didik sekolah dasar kelas atas ini sangat baik dan efektif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model, pengembangan, bulutangkis, sekolah dasar kelas atas |
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2016 07:53 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |