Pengembangan Model Pembelajaran Motorik dengan Modifikasi Permainan Tradisional untuk Sekolah Dasar Kelas Atas

Hasbi, Hasbi (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Motorik dengan Modifikasi Permainan Tradisional untuk Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hasbi-11711251031.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran motorik dengan menggunakan modifikasi permainan tradisional untuk anak sekolah dasar kelas atas yang baik dan efektif, yang dapat digunakan oleh guru pendidikan jasmani SD sebagai salah satu bentuk model pembelajaran yang baik dan efektif melalui aktivitas bermain yang menyenangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Borg & Gall (1983: 775) sebagai berikut: (1) potensi dan masalah yang di temukan di lapangan; (2) pengumpulan informasi yang telah dikumpulkan; (3) desain produk berupa draf model; (4) validasi ahli dan revisi; (5) ujicoba lapangan skala kecil dan revisi; (6) ujicoba lapangan skala besar dan revisi; (7) pembuatan produk final, revisi ujicoba skala kecil dilakukan terhadap 27 siswa kelas atas yaitu: kelas IV di SD Negeri Catur Tuggal Sleman, Yogyakarta; (8) ujicoba produk skala besar yang dilakukan terhadap 40 siswa sekolah dasar kelas atas yaitu: kelas IV dan kelas V SD Kanisius Baciro, Sleman Yogyakarta; (9) revisi produk dan, (10) deseminasi dan implementasi pengembangan model pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara; (2) skala nilai; (3) pedoman observasi guru (pedoman observasi model); (4) pedoman observasi keefektifan model, dan (5) angket/draft kuesioner untuk siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran motorik dengan modifikasi permainan tradisional untuk anak sekolah dasar kelas atas yang berisikan lima permainan yaitu: (a) permainan gobak sodor; (b) permainan bola kasti; (c) permainan jemprak/engklek; (d) permainan lompat kubur, dan (e) permainan kucing-tikus, yang disusun dalam bentuk buku panduan. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi dan kuesioner untuk siswa, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran motorik dengan modifikasi permainan tradisional untuk sekolah dasar kelas atas di respon baik dan efektif. Hal ini dibuktikan dengan jumlah persentase pada setiap data kuantitatif yang diminta di atas 70% pada skala besar. Respon peserta didik yang menjadi subjek dalam penelitian ini respon positif, sehingga model pembelajaran motorik yang dikembangkan adalah respon sangat baik dan efektif, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran motorik, modifikasi bermain, tradisional
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2016 07:10
Last Modified: 29 Jan 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30235

Actions (login required)

View Item View Item