Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif pada Tema Pengalamanku Berbasis Sosiokultural bagi Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Serayu

Erviana, Vera Yuli (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif pada Tema Pengalamanku Berbasis Sosiokultural bagi Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Serayu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-vera-yuli-erviana-12712251037.swf

Download (42MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematik-integratif pada tema pengalamanku berbasis sosiokultural yang layak bagi peserta didik kelas 1 di SD N Serayu, dan (2) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran tematik-integratif pada tema pengalamanku berbasis sosiokultural untuk peserta didik kelas 1 di SD N Serayu. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) eksplorasi, (b) pengembangan draft/prototype, (c) uji coba produk dan revisi, dan (d) validasi akhir. Subjek uji coba terbatas adalah empat peserta didik kelas I SD N Serayu. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 28 peserta didik kelas I SD N Serayu. Subjek uji coba produk operasional pada kelas eksperimen sebanyak 28 peserta didik kelas I A SD N Serayu dan pada kelas kontrol sebanyak 28 peserta didik kelas I B SD N Serayu. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk perangkat pembelajaran, lembar observasi cheek list guru, lembar observasi cheek list peserta didik, tes hasil belajar, dan angket respon guru. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek silabus, aspek RPP, aspek media pembelajaran, dan aspek soal tes hasil belajar menurut ahli materi, ahli media, dan ahli evaluasi berkategori “sangat baik”. Penerapan perangkat pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan kategori “sangat baik”. Terdapat perbedaan hasil akhir antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural dengan p < 0,05 kemudian terjadi pula peningkatan yang signifikan dengan p = 0,0001.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, tematik-integratif, pembelajaran berbasis sosiokultural
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2016 06:49
Last Modified: 29 Jan 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30234

Actions (login required)

View Item View Item