PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG BIMBINGAN KONSELING DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TERHADAP KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA

Moh., Egouh Suherman (2016) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG BIMBINGAN KONSELING DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TERHADAP KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
moh egouh suherman-09504241001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG BIMBINGAN KONSELING DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TERHADAP KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA Oleh: Moh. Egouh Suherman 09504241001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 3 Yogyakarta terhadap karakter kepemimpinan siswa. (2) Mengetahui pengaruh pengetahuan siswa tentang bimbingan konseling di SMK Negeri 3 Yogyakarta terhadap karakter kepemimpinan siswa. (3) Mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler dan pengetahuan siswa tentang bimbingan konseling di SMK Negeri 3 Yogyakarta secara bersama-sama terhadap karakter kepemimpinan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMK Negeri 3 Yogyakarta sebanyak 588 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 147 orang ditentukan dengan rumus Suharsimi Arikunto, selanjutnya sampel setiap jurusan ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap karakter kepemimpinan siswa yang dibuktikan dari nilai thitung sebesar 9,444 ( > ttabel sebesar 1,980) pada taraf signifikan 5%. (2) Terdapat pengaruh signifikan antara pengetahuan siswa tentang bimbingan konseling terhadap karakter kepemimpinan siswa yang dibuktikan dari nilai thitung sebesar 5,244 ( > ttabel sebesar 1,980) pada taraf signifikan 5%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler dan pengetahuan siswa tentang bimbingan konseling terhadap karakter kepemimpinan siswa yang dibuktikan dari nilai fhitung sebesar 89,344 (> ftabel sebesar 3,07) pada taraf signifikan 5%, serta sumbangan efektif variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 55,40%. Kata kunci: kegiatan ekstrakurikuler, pengetahuan siswa tentang bimbingan konseling, karakter kepemimpinan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Mar 2016 02:50
Last Modified: 30 Jan 2019 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30223

Actions (login required)

View Item View Item