MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Mita, Yulia Etika Putri (2016) MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Mita Yulia Etika Putri 12502247007.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Oleh: Mita Yulia Etika Putri 12502247007 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) Membuat suatu modul pembelajaran dasar teknik listrik bagi peserta didik kelas X Bidang Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Depok Dleman, (2) Mengetahui tingkat kelayakan modul dasar teknik listrik yang layak untuk dipergunakan sebagai bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Objek penelitian yaitu modul pembelajaran dasar teknik listrik yang mana pembuatan modul ini melalu beberapa tahap yaitu (1) Analisis Kebutuhan, (2) Pengumpulan referensi, (3) Desain, (4) Penyusunan Modul, (5) Validasi, (6) Revisi, (7) Uji coba pemakaian, (8) Revisi Uji coba, (9) Produksi Modul. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Validasi media modul pembelajaran melibatkan dua ahli materi dan dua ahli media pembelajaran. Kemudian modul di uji coba pemakaian oleh 32 peserta didik dan di analisis dengan statistik deskriptif. Untuk mengetahui kelayakan modul digunakan skala pengukuran “Skala Likert”. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Hasil validasi isi oleh dua orang ahli materi dilihat dari kualitas materi, bahasa dan penyajian secara keseluruhan memperoleh vpersentase sebesar 79,63 % dengan kategori layak, (2) Validasi konstruk oleh dua orang ahli media dilihat dari aspek kualitas grafika keseluruhan dan memperoleh persentase sebesar 83,82% dengan kategori sangat layak, (3) uji pemakaian oleh peserta didik ditinjau dari aspek kualitas penyajian, bahasa, grafika, dan kemanfaatan memperoleh persentase sebesar 81,50 % dengan kategori sangat layak. Kata Kunci: modul pembelajaran, teknik listrik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Mar 2016 02:42
Last Modified: 30 Jan 2019 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30221

Actions (login required)

View Item View Item