Miftakhul, Rahmat Turga (2016) KESIAPAN KERJA SISWA KELAS III KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK 45 WONOSARI. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Miftakhul Rahmat Turgo 05504244018.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
KESIAPAN KERJA SISWA KELAS III KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK 45 WONOSARI Oleh : Miftakhul Rahmat Turga 05504244018 Penelitian Kesiapan Kerja Siswa SMK bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa, motivasi belajar siswa, dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa kelas 3 kompetensi teknik kendaraan ringan di SMK 45 WONOSARI. Kesiapan Kerja Siswa SMK menjadi hal yang harus dipersiapkan oleh setiap lembaga kependidikan kejuruan. Setiap lembaga kejuruan juga memiliki tingkat kesiapan yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi dan faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian causal comparative dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 40 siswa/responden. Setiap siswa/responden diberikan angket dengan kisi-kisi instrumen yang sudah ditetapkan dan divalidasi dengan judgement ekspert. Hasil data ditabulasi dalam data digital kemudian di lakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai prasyarat analisis. Apabila data homogen mata pengujian hipotesis menggunakan Anova, namun karena data tidak homogen maka pengujian hipotesis dilakukan dengan Kruskall-Wallis Test. Analisis data dilakukan dengan software SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap kesiapan kerja, motivasi belajar terhadap kesiapan kerja dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor minat belajar, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga yang lebih tinggi akan memiliki tingkat kesiapan kerja yang tinggi. Faktor-faktor tersebut juga mempengaruhi tingkat kesiapan kerja siswa dalam proses belajar mengajar. Hal ini di buktikan dengan hasil pengujian Kruskall-Wallis Test yaitu minat belajar terhadap kesiapan kerja dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, motivasi belajar terhadap kesiapan kerja dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan kerja dengan nilai signifikansi 0,013 < 0,05. Kata Kunci : Kesiapan Kerja, One-Way-Anova, Kruskall-Wallis Test, Kuantitatif Deskriptif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 10 Mar 2016 02:25 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30218 |
Actions (login required)
View Item |