IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X BUSANA SMK N 6 PURWOREJO

Miftahul, Triana Fajri (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X BUSANA SMK N 6 PURWOREJO. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Miftahul triana fajri-06513241016.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X BUSANA SMK N 6 PURWOREJO Oleh : Miftahul Triana Fajri 06513241016 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) implementasi model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X Busana SMK N 6 Purworejo; 2) peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan dengan mengimplementasikan model pembelajaran TGT bagi siswa kelas X Busana SMK N 6 Purworejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian siswa kelas X SMK N 6 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan penelitian ini pada bulan April – Mei 2011, terdiri dari dua siklus, dengan tahapan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Tindakan dilakukan kolaborasi oleh guru dan peneliti yang bertugas mengamati dan mencatat setiap perkembangan yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) teknik observasi yang digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas siswa dan guru, 2) tes untuk menilai hasil belajar siswa, 3) dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa dokumentasi kegiatan pembelajaran. Pengujian validitas instrument 1)observasi menggunakan validitas isi dengan meminta pertimbangan tiga ahli dan uji reliabilitas dengan metode ratings, 2) instrument tes menggunakan validitas isi dengan meminta pertimbangan tiga ahli dan menggunakan validitas konstrak dengan rumus product moment,sedangkan uji reliabilitas instrument ini menggunakan antar-rater dengan rumus K-R 20. Berdasarkan hasil uji coba instrument pada siswa kelas X Busana 1 SMK N 6 Purworejo sebanyak 32 siswa, maka didapatkan 5 butir soal yang gugur dari 40 soal tes, sehingga tes yang digunakan untuk penelitian sebanyak 35 soal. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran TGT dimulai dengan perencanaan, yaitu: 1) mengidentifikasi masalah, 2) mencari penyebab masalah, 3) memilih masalah yang ada, dan 4) merancang tindakan untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan. Selanjutnya tahap tindakan dan observasi dilaksanakan sesuai rancangan tindakan, yaitu melaksanakan sistem pembelajaranTGT dengan menyusun langkah-langkah pembelajaran dalam siklus-siklus, setiap siklus melaksanakan tindakan: a) Teaching; b) Team Study; c) Game and Tournament; d) Recognize Team, sedangkan tahap refleksi, dilakukan pengamatan dan perbaikan pembelajaran TGT pada siklus sebelumnya, sehingga pembelajaran TGT pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa antusias dan aktif mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT. Serta adanya peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan KKM, peningkatan nilai rata-rata kelas setelah diberi tindakan siklus I sebesar 24,95% dari 52,34 menjadi 62,6 dengan peningkatan ketuntasan 12,5% menjadi 53,1%. Setelah tindakan siklus II meningkat 23,61% dari 62,6 menjadi 78,47 dengan ketuntasan sebesar 93,8%. Uraian diatas menunjukan bahwa model pembelajaran TGT dapat diterapkan pada mata diklat kewirausahaan dan dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Mar 2016 02:22
Last Modified: 30 Jan 2019 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30217

Actions (login required)

View Item View Item