Meylany, Pemugari (2016) PENERAPAN METODE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEORI PKK DI SMP NEGERI 3 MARGASARI. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Meylany Pemugari - 10511247002.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK PENERAPAN METODE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEORI PKK DI SMP NEGERI 3 MARGASARI Oleh : Meylany Pemugari 10511247002 Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui tingkat keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran teori PKK di SMP Negeri 3 Margasari, (2) Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran teori PKK di SMP Negeri 3 Margasari sebelum dan sesudah penerapan metode think-pair-share. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas atau yang sering disebut Classroom Action Reserch. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling pada kelas VII. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi keaktifan belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran teori PKK pada pra tindakan 32% dengan kategori rendah, meningkat pada siklus I dengan menggunakan metode think-pair-share 63% dengan kategori sedang, dan pada siklus II meningkat dengan metode think-pairshare sebesar 82% dengan kategori tinggi. (2) Keaktifan belajar siswa sebelum penerapan metode think-pair-share sebesar 32% meningkat pada siklus I dengan penerapan metode think-pair-share sebesar 31% menjadi 63%, pada siklus II terjadi peningkatan kembali sebesar 19% dimana keaktifan siswa pada siklus II menjadi 82%. Kata kunci: Metode Think-Pair-Share, keaktifan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 08 Mar 2016 06:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30210 |
Actions (login required)
View Item |