IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 4 YOGYAKARTA”

Mei, Kusumawardani (2016) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 4 YOGYAKARTA”. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Mei Kusumawardani-09511241019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

“IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 4 YOGYAKARTA” Oleh: Mei Kusumawardani 09511241019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: a) Mengetahui perencanaan dan pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter terpilih yakni kerja keras, disiplin dan kejujuran. b) Perilaku kerja keras, disiplin dan kejujuran siswa SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Jumlah sampel penelitian sebanyak 286 siswa yang ditentukan berdasarkan perhitungan cara Isaac dan Michael. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling yang terdiri dari siswa kelas XI dan XII. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif disajikan dalam kategori “baik” (x>75,00), “cukup” (60,00≤X≤75,00), “kurang” (x<56,00). Data kualitatif berupa perencanaan dan pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter terpilih dianalisis dan diinterpretasikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan kepala sekolah dan guru telah membuat program sekolah berupa pembiasaan dan budaya sekolah yang berkaitan dengan nilai kerja keras, disiplin, dan kejujuran. Pelaksanaan program sekolah berupa pembiasaan dan budaya sekolah berkaitan dengan nilai kerja keras, disiplin, dan kejujuran adalah dengan 1) Memaksimalkan fungsi Unit Produksi (UP) guna melatih kerja keras siswa; 2) Membuat tata tertib siswa dan bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah akan diberikan sanksi guna melatih sikap disiplin siswa; 3) Memaksimalkan fungsi kantin kejujuran dalam melatih sikap jujur siswa. Berdasarkan hasil angket sebagian besar siswa menunjukkan nilai kerja keras adalah “cukup” (50,7%), nilai disiplin adalah “baik” (80,4%), nilai kejujuran adalah “baik” (90,6%). Dari ketiga nilai tersebut nilai kerja keras merupakan nilai dengan persentase paling rendah yakni 50,7%, untuk itu diperlukan upaya dalam meningkatkan nilai kerja keras di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Kata kunci: implementasi nilai-nilai karakter, SMK Negeri 4 Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Mar 2016 04:09
Last Modified: 30 Jan 2019 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30206

Actions (login required)

View Item View Item