UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS IV MELALUI MEDIA GARIS BILANGAN, DI SD KARANGGONDANG, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA, TAHUN AJARAN 2015/2016

Srimuliani, Nova (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS IV MELALUI MEDIA GARIS BILANGAN, DI SD KARANGGONDANG, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA, TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nova Srimuliani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV dengan menggunakan media garis bilangan di SD Karanggondang, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016 dalam dua siklus dan setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Karanggondang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika kelas IV SD Karanggondang. Hasil belajar saat pratindakan, rata-rata skor adalah 43,82, pada rentang skor antara 0-100, untuk ketuntasan ada 33 atau 94% siswa belum tuntas, dan ada 2 siswa atau 6% yang sudah memenuhi kriteria. Hasil ini belum sepenuhnya memenuhi KKM yaitu KKM 75≥. Pada siklus I diproleh peningkatan hasil rata-rata skor 64,39 ketuntasan, ada 26 atau 74% siswa belum tuntas dan 9 atau 26% siswa yang tuntas, itu berarti ada kenaikan nilai rata-rata pra tindakan ke siklus I sebesar 20,57, sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata skor meningkat menjadi 85, ketuntasan, ada 8 atau 22,85% siswa yang belum tuntas dan masih ada 27 atau 77,14% siswa yang sudah tuntas. Dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 20,61. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat. Kata Kunci : Penjumlahan dan Pengurangan bilangan bulat, Garis Bilangan, siswa SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Mar 2016 00:36
Last Modified: 30 Jan 2019 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30203

Actions (login required)

View Item View Item