Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kompetensi Bersastra SMP Kelas VII

Wimalasari, Lidwina (2016) Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kompetensi Bersastra SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lidwina-wimalasari-13706251042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan. Pertama, menghasilkan bahan ajar kompetensi bersastra SMP kelas VII. Kedua, mendeskripsikan hasil validasi kualitas produk buku ajar sastra SMP kelas VII yang dihasilkan dilihat dari hasil validasi oleh pakar sastra dan pembelajaran sastra serta media pembelajaran dan oleh guru. Ketiga, mendeskripsikan hasil uji coba produk buku ajar sastra SMP kelas VII oleh peserta didik. Keempat, mendeskripsikan hasil uji coba produk buku ajar sastra SMP kelas VII oleh guru. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada langkah-langkah pengembangan Borg & Gall yang meliputi: (1) analisis kebutuhan; (2) pengembangan produk awal; (3) validasi pakar dan validasi guru; (4) revisi I; (5) uji cob; (6) revisi 2; dan (7) produk akhir. Analisis kebutuhan dilakukan di SMP Negeri 14 Yogyakarta, SMP Negeri 15 Yogyakarta, dan SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta. Uji Coba dilakukan di SMP Negeri 15 Yogyakarta dengan subjek uji coba 66 peserta didik kelas VII. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, rekaman, kuesioner untuk peserta didik, guru, dan pakar. Data dalam bentuk skala Likert dianalisis dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini berupa bahan ajar kompetensi bersastra berbentuk buku dengan kualitas baik berdasarkan hasil validasi pakar; kualitas sangat baik berdasarkan hasil validasi guru dan hasil uji coba oleh peserta didik dan guru. Hasil validasi pakar menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berkualitas dilihat dari aspek yang dinilai mencapai rerata 3,41. Hasil validasi guru menunjuukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik dilihat dari aspek yang dinilai mencapai rerata 4,22. Hasil uji coba produk oleh peserta didik menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik dilihat dari aspek yang dinilai mencapai rerata 4,32. Hasil uji coba produk oleh guru menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik dilihat dari aspek yang dinilai mencapai rerata 4,20. Hasil tersebut menunjukkan bahwa yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu alternatif pemilihan bahan ajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, sastra
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Mar 2016 01:47
Last Modified: 09 Nov 2022 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30200

Actions (login required)

View Item View Item