Pengaruh Berbagai Dosis Ekstrak Sisik Naga (Drymoglossum Piloselloides Presl.) Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Tikus Putih (Rattus Norvegicus L.)

Anggoro, Aditiya Tri (2015) Pengaruh Berbagai Dosis Ekstrak Sisik Naga (Drymoglossum Piloselloides Presl.) Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Tikus Putih (Rattus Norvegicus L.). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aditya Tri Anggoro.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak sisik naga (Drymoglossum piloselloides Presl) terhadap penurunan kadar gula darah tikus putih (Rattus norvegicus L) dan mengetahui dosis optimum ekstrak sisik naga dalam menurunkan kadar gula darah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental satu faktor dengan menggunakan desain penelitian rancangan acak lengkap (RAL). Lokasi penelitian bertempat di Laboratorium Pengelolaan Hewan Kebun Biologi UNY. Penelitian dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 20 Mei-21 Juni 2015. Kelompok perlakuan terdiri dari empat kelompok, satu kelompok kontrol dan tiga kelompok sebagai unit ekperimen. Masing-masing kelompok terdiri dari lima ulangan. Dosis ekstrak sisik naga yang digunakan adalah 150 mg/kg BB, 200 mg/kg BB dan 250 mg/kg BB. Tikus putih yang digunakan adalah tikus putih berumur 3 bulan dengan berat 200 gram sebanyak 20 ekor. Data dianalisis menggunakan analisis varian (Anava) dan dilanjutkan dengan menggunakan uji lanjut Duncan Multiple Range Test (DMRT) Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian ekstrak sisik naga berpengaruh terhadap penurunan kadar gula darah tikus putih dengan nilai signifikansi (p 0,05). Dosis optimal yang berpengaruh dalam menurunkan kadar gula darah berdasarkan hasil penelitian terdapat pada pemberian dosis 200 mg/kg BB.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak, sisik naga, kadar gula darah.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 08 Mar 2016 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30196

Actions (login required)

View Item View Item