KEBERMAKNAAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP MENJAHIT DI SKB SLEMAN TERHADAP WARGA BELAJAR DALAM AKTIVITAS BERWIRAUSAHA

Aji Samanta Kurniadi Nyaman, Aji (2016) KEBERMAKNAAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP MENJAHIT DI SKB SLEMAN TERHADAP WARGA BELAJAR DALAM AKTIVITAS BERWIRAUSAHA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Aji Samanta Kurniadi Nyaman_1102244022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup menjahit di SKB Sleman. 2) Mendeskripsikan hasil program pendidikan kecakapan hidup (PKH) menjahit di SKB Sleman terkait dengan aktivitas wirausaha warga belajar. 3) Mendeskripsikan dampak program PKH menjahit di SKB Sleman terkait dengan aktivitas wirausaha warga belajar. 4) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi program PKH menjahit di SKB Sleman dalam upaya mendorong aktivitas wirausaha warga belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif . Subyek penelitian yaitu warga belajar dan pengelola program PKH menjahit. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini diantaranya yaitu : 1) Pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup menjahit di SKB Sleman. 2) Hasil program PKH menjahit mencakup peningkatan pengetahuan, hasil produk, kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan akademik, dan kecakapan vokasional. 3) Dampak ekonomi program PKH menjahit yaitu berkurangnya jumlah pengeluaran. Sedangkan dampak sosial yaitu perubahan perilaku, keterampilan, pengetahuan, sikap, status atau perubahan sosial, dan interaksi sosial warga belajar terhadap orang lain dan masyarakat luas. 4) Faktor pendukung yaitu tersedianya sarana, tutor berpengalama, situasi dan lingkungan kondusif, dan tidak dipungut biaya. Sedangkan faktor penghambat yaitu jumlah sasaran terbatas, usia warga belajar berbeda-beda, kemampuan tutor yang kurang maksimal, dan pengetahuan warga belajar yang berbeda-beda. Kata kunci: hasil program PKH, dampak program PKH, faktor PKH

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 07 Mar 2016 01:21
Last Modified: 30 Jan 2019 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30195

Actions (login required)

View Item View Item