Phandu Setyawan, Phandu (2016) UPAYA PENINGKATAN GENERIC LIFE SKILLS WARGA BELAJAR PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP SKB KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Skripsi_Phandu Setyawan_11102244021.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi yang digunakan dalam upaya peningkatan Generic Life Skills dalam pendidikan kecakapan hidup, (2) mendeskripsikan hasil dari implementasi strategi yang digunakan dalam upaya peningkatan Generic Life Skills dalam pendidikan kecakapan hidup (3)\mengetahui faktor yang menghambat peningkatan Generic Life Skills dalam pendidikan kecakapan hidup di SKB Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pendidik dan warga belajar di SKB Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi, display data dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi sumber dilakukan untuk memperoleh keabsahan data dengan berbagai narasumber dan triangulasi metode dilakukan untuk memperoleh keabsahan data dengan menggunakan isi suatu dokumen dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yg digunakan dalam upaya peningkatan kecakapan personal dan sosial (Generic Life Skills) warga belajar program pendidikan kecakapan hidup di SKB Kota Yogyakarta yaitu strategi Contextual Teaching Learning dan Strategi Pembelajaran Afektif, (2) hasil implementasi strategi yang digunakan dalam upaya peningkatan kecakapan sosial dan personal adalah bertambahnya ilmu dan keterampilan baru bagi warga belajar yang dapat meningkatnya kesejahteraan hidup (subtitusi uang) dengan di bantu meningkatnya kualitas individu warga belajar serta menambah kreatifitas dan keterampilan yang nantinya menjadi bekal untuk bekerja., dan (3) faktor yang menghambat peningkatan Generic Life Skills dalam pendidikan kecakapan hidup di SKB Kota Yogyakarta adalah usia warga belajar yang berbeda-beda, tutor kesulitan menggali potensi kecakapan personal warga belajar, adanya rasa minder warga belajar yang mempengaruhi proses pembelajaran, masih kurang sadarnya warga belajar tentang generic life skills, warga belajar masih kurang mampu mengembangkan potensi diri setelah selesai mengikuti pelatihan Kata kunci: peningkatan generic life skills, warga belajar, pendidikan kecakapan hidup
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP |
Date Deposited: | 07 Mar 2016 01:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30190 |
Actions (login required)
View Item |