HUBUNGAN TINGKAT PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DENGAN TINGKAT APRESIASI SASTRA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI SEKABUPATEN KULON PROGO

Floren Gusmawati, Dewi (2016) HUBUNGAN TINGKAT PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DENGAN TINGKAT APRESIASI SASTRA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI SEKABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dewi Floren G (11201244040).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan perpustakaan pada siswa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Kulon Progo, mengetahui tingkat apresiasi sastra pada siswa kelas XI SMA Negeri se- Kabupaten Kulon Progo, dan mengetahui hubungan antara tingkat pemanfaatan perpustakaan dengan tingkat apresiasi sastra pada siswa kelas XI SMA Negeri se- Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 9 sekolah dengan jumlah sampel sebanyak 3 sekolah dengan jumlah siswa 165. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dengan skala likert dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah product moment. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, tingkat pemanfaatan perpustakaan menunjukkan bahwa 118 siswa (71,52%) berada dalam ketegori sedang dan pada tingkat apresiasi sastra sebanyak 109 siswa (66,1%) berada dalam ketegori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat pemanfaatan perpustakan dan tingkat apresiasi sastra siswa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Kulon Progo berada pada kategori sedang. Kedua, ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pemanfaatan perpustakan dengan tingkat apresiasi sastra pada siswa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Kulon Progo. Hubungan yang positif dan signifikan tersebut ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,514 dan nilai rhitung lebih besar dari rtabel dengan N= 165 pada taraf kesalahan 5% (0,514 > 0,159) yang berarti bahwa semakin tinggi pemanfaatan perpustakaan siswa, akan semakin tinggi pula tingkat apresiasi sastra. Hₒ ditolak dan Hₐ diterima dan dapat diartikan bahwa ada hubungan antara tingkat pemanfaatan perpustakaan dengan tingkat apresiasi sastra.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Mar 2016 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30167

Actions (login required)

View Item View Item