Pengembangan Buku Saku Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPS SMP Kelas VII Dengan Tema Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia

Marsitawati, Erlisa (2015) Pengembangan Buku Saku Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPS SMP Kelas VII Dengan Tema Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
SKRIPSI 11416244003.swf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1)Untuk mengetahui cara menghasilkan buku saku sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII dengan tema potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia; 2)Untuk mengetahui kelayakan buku saku sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII dengan tema potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia, berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, media, guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development(R&D)yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: tahap penelitian dan pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, tahap uji coba lapangan awal, tahap merevisi hasil uji coba, tahap uji coba lapangan,dan tahap penyempurnaan produkakhir. Subjek penelitian adalah 31 siswa SMP N 2 Turi Kelas VII. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli dan guru, serta lembar penilaian untuk siswa. Teknik analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Untuk menghasilkan buku saku sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII melalui beberapa tahap yaitu: tahap riset dan teori, tahap desain, tahap produksi dan penempatan, tahap evaluasi dan seleksi dan tahap organisasi dan pelayanan; 2) Kelayakan buku saku sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII diperoleh dari hasil validasi ahli materi dengan rata-rata skor akhir sebesar 4,083 termasuk dalam kategori baik. Hasil validasi dari ahli media diperoleh rata-rata skor akhir sebesar 4, 095 termasuk dalam kategori baik, sedangkan hasil validasi dariguru mata pelajaran IPS memperoleh rata-rata skor akhir sebesar 4,41 termasuk dalam kategori sangat baik. Uji coba lapangan awal oleh siswa memperoleh rata-rata 3,96 danuji coba lapangan oleh siswa memperoleh rata-rata skor sebesar 4,288 dengan kategori sangat baik. Dari hasil rata-rata skor yang diperoleh terlihat bahwa buku saku layak digunakan sebagai sumber belajar IPS dengan kualitas yang baik. Kata kunci: Buku Saku, Sumber Belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 03 Mar 2016 01:08
Last Modified: 30 Jan 2019 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30161

Actions (login required)

View Item View Item