PENGEMBANGAN MODUL PEMAHAMAN DIRI REMAJA PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 PAKEM

Dita Yuliantika Sari, Dita (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMAHAMAN DIRI REMAJA PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dita Yuliantika Sari_11104244013_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pemahaman diri remaja yang layak digunakan oleh siswa kelas VII SMPN 3 Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan strategi pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Penelitian ini hanya sampai pada tahap ke sembilan dari sepuluh strategi pengembangan Borg and Gall. Tahap pengembangan yang dilakukan adalah penelitian awal dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draft produk, uji lapangan awal, revisi produk uji lapangan awal, uji lapangan utama, revisi produk uji lapangan utama, uji lapangan operasional, revisi produk uji lapangan operasional. Subyek uji lapangan awal, uji lapangan utama dan uji lapangan operasional adalah siswa kelas VII SMPN 3 Pakem. Uji validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru bimbingan dan konseling. Hasil uji ahli materi yang meliputi 42 item pernyataan, diperoleh rata- rata skor 3,214 dengan kategori baik dan dinyatakan telah layak untuk digunakan. Hasil uji ahli media yang meliputi 39 item pernyataan, diperoleh rata-rata skor 3,410 dengan kategori sangat baik dan dinyatakan telah layak uuntuk digunakan. Hasil uji guru bimbingan dan konseling SMPN 3 Pakem yang meliputi 39 item pernyataan, diperoleh rata-rata skor 3,077 dengan kategori baik dan dinyatakan telah layak untuk digunakan. Uji lapangan awal yang dilakukan oleh 4 siswa kelas VII SMPN 3 Pakem meliputi 39 item pernyataan memperoleh skor rata-rata 3,56 dengan kategori sangat baik. Uji lapangan utama yang dilakukan oleh 8 siswa kelas VII SMPN 3 Pakem meliputi 39 item pernyataan memperoleh skor rata-rata 3,221 dengan kategori baik. Uji lapangan operasional yang dilakukan oleh 32 siswa kelas VII SMPN 3 Pakem meliputi 39 item pernyataan memperoleh skor rata-rata 3,55 dengan kategori sangat baik. Kata kunci: modul, pemahaman diri remaja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Mar 2016 08:24
Last Modified: 30 Jan 2019 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30158

Actions (login required)

View Item View Item