PERBEDAAN TINGKAT BURNOUT BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS VIII DI SMP N 3 PEDAN

Roni Budi Jatmiko, Roni (2016) PERBEDAAN TINGKAT BURNOUT BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS VIII DI SMP N 3 PEDAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat burnout belajar siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII di SMP N 3 Pedan serta untuk mendeskripsikan perbedaan tingkat burnout belajar siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII di SMP N 3 Pedan pada setiap aspeknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini yakni siswa kelas VIII dengan 88 siswa laki-laki dan 52 siswa perempuan. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dan besarnya pengambilan sampel didasarkan pada rumus Slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 5%. Alat pengumpulan data menggunakan skala burnout belajar, uji validitas menggunakan product moment pearson diperoleh nilai validitas 0,312 dan uji reliabilitas dengan nilai 0,910, analisis data menggunakan teknik analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan angka signifikansi 0,023. Hasil tersebut berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan burnout belajar antara siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII, dimana siswa laki-laki mempunyai burnout belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa perempuan. Secara umum siswa laki-laki dan perempuan mempunyai tingkat kecenderungan burnout sedang, akan tetapi siswa laki-laki memiliki nilai mean sebesar 163,23, sedangkan siswa perempuan memiliki nilai mean sebesar 155,25. Siswa laki-laki memiliki kategori burnout tinggi sebesar 23% dan kategori burnout sedang sebesar 77%, sedangkan siswa perempuan memiiki kategori burnout tinggi sebesar 15% dan kategori burnout sedang sebesar 85%. Kata kunci : burnout belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Mar 2016 08:02
Last Modified: 30 Jan 2019 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30157

Actions (login required)

View Item View Item