Pengembangan multimedia interaktif menggunakan program adobe flash profesional CS 5 dalam pembelajaran IPS SMP kelas VIII materi pokok perubahan masyarakat pada masa penjajahan Jepang

Kurnia, Beta (2016) Pengembangan multimedia interaktif menggunakan program adobe flash profesional CS 5 dalam pembelajaran IPS SMP kelas VIII materi pokok perubahan masyarakat pada masa penjajahan Jepang. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11416244007.swf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan program Adobe Flash Profesional CS 5 dalam pembelajaran IPS SMP kelas VIII materi pokok perubahan masyarakat pada masa penjajahan Jepang; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif program Adobe Flash Profesional CS 5 dalam pembelajaran IPS SMP kelas VIII materi pokok perubahan masyarakat pada masa penjajahan Jepang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono. Subyek penelitian adalah siswa SMP Negeri 3 Bantul kelas VIII H yang berjumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli media, ahli materi, guru dan lembar angket penilaian untuk siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) produk media pembelajaran multimedia pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash Profesional CS 5 dalam pembelajaran IPS SMP kelas VIII materi pokok perubahan masyarakat pada masa penjajahan Jepang; 2) media pembelajaran multimedia interaktif program Adobe Flash Profesional CS 5 dinyatakan layak dengan hasil akhir yaitu a) validasi ahli materi yakni 4,00 dengan kategori “Baik”, b) validasi ahli media yakni 4,25 dengan kategori “ Sangat Baik”, c) validasi guru yakni 4, 45 dengan kategori “Sangat Baik. d) uji coba produk (kelompok kecil) dikategorikan “Sangat Baik” dengan rata-rata skor 4,31, serta e) hasil uji coba pemakaian (kelompok besar) dikategorikan “Sangat Baik” dengan rata-rata skor 4,41. Berdasarkan hasil tesebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif materi pokok perubahan masyarakat pada masa penjajahan Jepang sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 02 Mar 2016 00:38
Last Modified: 30 Jan 2019 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30153

Actions (login required)

View Item View Item