Pengembangan Multimedia Pembelajaran Kartografi Pada Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

Sariyono, K. Endro (2016) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Kartografi Pada Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-k-endro-sariyono-08707254010.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan multimedia pembelajaran kartografi dan 2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran dari aspek materi, aspek tampilan dan kelayakan untuk pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal kemudian dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya, produk diujicobakan kepada mahasiswa melalui dua tahap, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Subjek uji coba produk adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UNY. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari sepuluh mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil dan 25 mahasiswa untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari ahli materi, data ahli media, dan tanggapan mahasiswa terhadap daya tarik media. Instrumen pengumpulan data berupa lembar evaluasi untuk ahli materi dan ahli media, serta lembar angket untuk uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) pengembangan multimedia pembelajaran melalui tahap persiapan, desain, produksi, uji coba, dan revisi; 2) kualitas media ditinjau dari aspek materi termasuk kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 4,31; 3) kualitas media ditinjau dari aspek tampilan termasuk kriteria baik dengan rata-rata skor 4,00; 4) tanggapan mahasiswa tentang daya tarik media termasuk kriteria sangat menarik dengan rata-rata total skor 4,38; dan 5) Evaluasi hasil belajar menunjukkan lebih dari 75% mahasiswa mampu menguasai kompetensi pembelajaran dengan menggunakan multimedia yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, geografi, kartografi
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Mar 2016 10:54
Last Modified: 09 May 2019 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30152

Actions (login required)

View Item View Item