Pengembangan dan Implementasi E-Learning Menggunakan Moodle dan Vicon untuk Pelajaran Pemrograman Web di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro

Hardyanto, R. Hafid (2015) Pengembangan dan Implementasi E-Learning Menggunakan Moodle dan Vicon untuk Pelajaran Pemrograman Web di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-r-hafid-hardyanto-12702251032.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan produk portal e-learning menggunakan LMS Moodle dengan vicon di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, (2) mengetahui kelayakan portal e-learning yang dikembangkan di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, (3) mengetahui hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan portal e-learning di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, dan (4) mengetahui motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan portal e-learning di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan dan desain multimedia yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Ujicoba produk pengembangan meliputi tiga tahap, yaitu tes alfa, tes beta, dan implementasi uji lapangan. Implementasi uji lapangan dilakukan dengan teknik eksperimen, kelas kontrol menggunakan portal e-learning tanpa vicon, kelas eksperimen menggunakan portal e-learning dengan menggunakan vicon. Hasil penelitian menghasilkan: (1) produk portal e-learning yang dikembangkan di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro menggunakan LMS Moodle terintegrasi dengan BigBlueButton, sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan video conference, (2) kelayakan portal e-learning menggunakan LMS Moodle dengan vicon di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, validasi alfa didapatkan skor rerata 4,05 dengan kategori baik. Uji beta didapatkan skor rerata 3,87 dengan kategori baik. Validasi ahli materi didapatkan skor rerata 3,53 dengan kategori baik. (3) Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan portal e-learning, kelas kontrol dan kelas eksperimen sama, hasil uji t bernilai 0,212. (4) Motivasi peserta didik dalam pembelajaran menggunakan portal e-learning, kelas kontrol dan kelas eksperimen sama, hasil uji t 0,143.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning, moodle, vicon, pemrograman web
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2016 10:06
Last Modified: 29 Jan 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30150

Actions (login required)

View Item View Item