PENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA GAMBAR KERJA SISWA DENGAN HAND-OUT PADA MATA DIKLAT PENGELASAN DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Hendro, Widiarko (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA GAMBAR KERJA SISWA DENGAN HAND-OUT PADA MATA DIKLAT PENGELASAN DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
IMPROVING_THE_STUDENTS'_UNDERSTANDING_OF_READING_WORKING_DRAWING_WITH_HANDOUT_I_THE_WELDING_COURSE_IN_SMK_N_3_YOGYAKARTA.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan handout pada mata diklat pengelasan efektif dan dapat meningkatkan pemahaman membaca gambar kerja siswa dengan hand-out pada mata diklat pengelasan di kelas X TP 4 SMK N 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas X TP 4 SMKN 3 Yogyakarta sebanyak 34 siswa pada mata diklat Dasar Kejuruan Mesin (DKM). Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, dan pemberian tes. Data observasi yang diperoleh pada setiap siklus dan hasil tes dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil prestasi belajar siswa setelah dilaksanakan penerapan metode pemberian handout pada mata diklat pengelasan. Pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa yaitu 70, pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa yaitu 74,17 dan pada siklus III rata-rata nilai hasil belajar siswa yaitu 84,11. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan handout pada mata pelajaran teori pengelasan dapat meningkatkan pemahaman membaca gambar kerja siswa kelas X TP 4 SMKN 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3015

Actions (login required)

View Item View Item