Pengembangan dan Analisis Kualitas Aplikasi Penilaian E-Learning SMK Berbasis ISO 19796-1 di Daerah Istimewa Yogyakarta

Abror, Ahmad Faiq (2015) Pengembangan dan Analisis Kualitas Aplikasi Penilaian E-Learning SMK Berbasis ISO 19796-1 di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad-faiq-abror-13702251035.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan aplikasi penilaian e-learning Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbasis ISO 19796-1 yang dapat digunakan untuk mengevaluasi e-learning SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggunakan teknik Analitycal Hierarchy Process (AHP) dengan metode agregasi arithmetric mean dan geometric mean dan (2) menguji kualitas aplikasi dengan menggunakan standar ISO 9126. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Proses pengembangan aplikasi menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall terdiri dari 5 tahap, yaitu (1) analisis kebutuhan; (2) desain sistem; (3) implementasi; (4) pengujian; dan (5) perawatan. Selanjutnya pengujian kualitas perangkat lunak menggunakan standar ISO 9126, yang dinilai dari aspek functionality, reliability, efficiency, maintainability, usability, dan portability. Selanjutnya responden aplikasi terdiri dari praktisi IT, dosen, guru, dan siswa SMK N 2 Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi penilaian e-learning SMK telah berhasil dikembangkan menggunakan metode SDLC model waterfall dengan aspek penilaian berdasarkan standar ISO 19796-1 menggunakan teknik Analitycal Hierarchy Process (AHP) dengan metode agregasi arithmetric mean dan geometric mean sehingga dapat digunakan untuk mengevaluasi e-learning SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selanjutnya hasil dari analisis kualitas aplikasi menggunakan standar ISO 9126 sebagai berikut: (1) aspek functionality diperoleh nilai 99.7% atau sangat baik; (2) aspek reliability diperoleh nilai 100% dan 99.8% atau sangat baik; (3) aspek efficiency nilai 90.8 dan 78.1 atau baik; (4) aspek maintainability diperoleh nilai 110.54 atau sangat baik; (5) aspek usability diperoleh nilai 77% dan 0.95 atau sangat baik; dan (6) aspek portability diperoleh hasil tanpa tanpa ada error.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process, e-learning, ISO 19796-1, Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 01 Mar 2016 09:31
Last Modified: 01 Mar 2016 09:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30149

Actions (login required)

View Item View Item