Pengembangan Metode Evaluasi Pembelajaran Keterampilan Membaca Permulaan di TK Fastrack Funschool Kelas A Program Nusantara Yogyakarta

Fitria, Syarifatul (2015) Pengembangan Metode Evaluasi Pembelajaran Keterampilan Membaca Permulaan di TK Fastrack Funschool Kelas A Program Nusantara Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syarifatul-fitria-13704251004.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran keterampilan membaca permulaan di TK Fastrack Funschool kelas A Program Nusantara dengan melihat efektifitas pelaksanaan dan hasil pencapaian keterampilan membaca permulaan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penilaian otentik, dan evaluasi datanya menggunakan data formatif dan data sumatif. Penilaian otentik yaitu penilaian yang berdasarkan pada perilaku yang ditunjukkan oleh anak selama program pelaksanaan proses belajar mengajar membaca permulaan dengan metode karakter huruf dan suara. Evaluasi formatif dilaksanakan pada implementasi program yang sedang berjalan. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk menilai manfaat suatu program sehingga hasil evaluasi akan dapat menentukan apakah suatu program tertentu akan diteruskan atau dihentikan. Subyek penelitian adalah seluruh anak TK Fastrack Funschool kelas A Program Nusantara sebanyak 15 anak. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi check list dan lembar observasi rating scale. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif yang bersifat ekploratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil evaluasi data formatif maupun data sumatif keterampilan membaca permulaan anak kelas A Program Nusantara berdasarkan empat indikator yaitu mampu menyebutkan nama-nama karakter huruf, mampu menyebutkan bunyi/suara huruf, mampu mencocokkan huruf besar dan huruf kecil, mampu menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya, secara umum bisa dikategorikan “berkembang sangat baik” karena 93,33% dari jumlah keseluruhan anak dalam kelas tersebut memiliki persentase pencapaian penguasaan materi antara 75% - 100%. Melalui penelitian ini pula diketahui bahwa metode pembelajaran membaca permulaan yang diterapkan di TK Fastrack Funschool kelas A Program Nusantara menunjukkan bahwa anak-anak memiliki antusiasme dan keaktifan yang bisa dikategorikan “berkembang sesuai harapan” dalam mengikuti pembelajaran membaca permulaan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, membaca permulaan, taman kanak-kanak
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2016 06:54
Last Modified: 29 Jan 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30143

Actions (login required)

View Item View Item