PENYUSUNAN BUKU AJAR KIMIA BERDASARKAN KURIKULUM 2004 UNTUK SMA DAN MA KELAS XII SEMESTER 2

Jauharotul, Farida (2010) PENYUSUNAN BUKU AJAR KIMIA BERDASARKAN KURIKULUM 2004 UNTUK SMA DAN MA KELAS XII SEMESTER 2. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PENYUSUNAN_BUKU_AJAR_KIMIA_BERDASARKAN_KURIKULUM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran yang bertujuan untuk menyusun buku ajar mata pelajaran kimia SMA dan MA kelas XlI semester 2 yang berkualltaS berdasarkan Kurikulum 2004 dan mengetahui kualitas buku ajar kimia berdasarkan penilaian guru kimia. Penelitian ini memlunyai 2 variabel, yaitu penyusunan buku ajar itu sendiri dan pcncnluan kualitas huku ajar yang telah disusub. Buku ajar disusun dengan cara ment;umpulkan referensi dari berbal;ai sumher denPan berpedoman pada kurikulum tahrrn 2004 kclas XIl semester 2 mata pelajaran kimia. Kualitas buku ajar didasarkan pada penilaian yang dilakukan oleh 5 reviewer (guru kimia SMA/ MA). Sebelum dioilai olch reviewer, buku ajar diperiksa oleh dosen pembimbing dan teman sejawat (peer review). Lembar check list penilaian buku ajar berisi 29 indikator penilaian buku ajar, yaitu kriteria buku yang baik secara umum dan dijabarkan sesuai dengan kurikulum tahun 2004. Penilaian dilakukan oleh guru terhadap setiap bab buku ajar kimia kelas XII semester 2. Hasil penelitian ini berupa buku ajar kimia SMA dan MA berdasarkan kurikulum tahun 2004 untuk kelas XII semester 2 dan penilaian kualitas buku ajar dad S reviewer (guru kimaa SMA/ MA). Adapun skor rata-rata tiap bab berturutturut untuk bab 1, bab 2, bab 3, dan bab 4 adalah 121,6; 121,6; 119 ; dan 115,2. Adapun skor rata-rata dari empat bab adalah 119,k Skor maksimal ideal untuk 29 indikatnr adalah 145 sehingga prosentase dari skOr rata-rata bab 1, bab 2, bab. 3, bab 4 dan skor rata-rata dari empat bab (skor buku ajar) tersebut berturut-turut adalah A06"/"; 83,86%; 82,07"/,; 79,45"/,; dan Ai,J>1Menurut penghitungan skor ideai dari pLnelitian ini maka nilai menjadi sAhgat balk (SB) jika X > 116 ; baik (B) jika 96,67 X <_ 116 ; cukup (C) j;ka 77,33 < X <_ 96,67 ; kurang (K) jika 58 < X _< 77,33 ; dan sangat kurang (SK) jika X <_ 58, dengan X adalah skor empiris. Berdasarkan perhitungan tersebut maka ketiga bab masing-masing yaitu bab 1, bab 2, dan bab 3 memiliki skor dengan kriteria kualitas sangat baik (SB), s;danglcan bab 4 memiliki skor dengan kriteria kualitas baik (B). Adapun buku ajar kimia yang disusun ini memiliki skor dengan kriteria kualitas sangat baik (SB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3014

Actions (login required)

View Item View Item