PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN METODE CERAMAH DAN METODE GUIDE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMOTIF DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

MAUSUL, MAUSUL (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN METODE CERAMAH DAN METODE GUIDE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMOTIF DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Mausul 08504244018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN METODE CERAMAH DAN METODE GUIDE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR OTOMOTIF DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh : MAUSUL NIM. 08504244018 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran dengan metode ceramah pada mata pelajaran DDO Kelas X Semester 2 Tahun Ajaran 2012/2013 di SMK PIRI 1 Yogyakarta; (2) mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran dengan metode guide inquiry pada mata pelajaran DDO Kelas X Semester 2 Tahun Ajaran 2012/2013 di SMK PIRI 1 Yogyakarta; (3) mengetahui pengaruh hasil belajar antara pembelajaran dengan metode ceramah dan metode guide inquiry pada mata pelajaran DDO Kelas X Semester 2 Tahun Ajaran 2012/2013 di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Desain dari penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta yang terdiri dari 5 kelas. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode cluster sampling, sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X TKR 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan tes. Uji validitas instrumen dilakukan dengan experts judgment dan untuk instrumen tes hasil belajar ditambah dengan analisis butir soal yaitu dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Uji reliabilitas untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji-t dengan dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pembelajaran dengan metode ceramah, Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t data hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa t hitung yaitu sebesar 2,522 lebih besar jika dibandingkan dengan t tabel yang hanya sebesar 1,674. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pembelajaran dengan metode guide inquiry. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t data hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa t hitung yaitu sebesar 4,483 lebih besar jika dibandingkan dengan t tabel yang hanya sebesar 1,674. (3) Pengaruh hasil belajar dengan menggunakan metode guide inquiry jauh lebih signifikan dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t data hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa t hitung yaitu sebesar 2,182 lebih besar jika dibandingkan dengan t tabel yang hanya sebesar 1,674. Kata Kunci : Pengaruh Model Pembelajaran Dengan Metode Ceramah dan Metode Guide Inquiry dalam pembelajaran, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Mar 2016 04:49
Last Modified: 30 Jan 2019 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30139

Actions (login required)

View Item View Item