PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN KEBIASAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 2 PENGASIH

Maulydia, Nina Rakhmanti (2016) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN KEBIASAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Maulydia Nina R 10505241016.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN KEBIASAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 2 PENGASIH Oleh : Maulydia Nina Rakhmanti NIM. 10505241016 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mendeskripsikan kuantitas dan kualitas keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler, kebiasaan belajar, dan prestasi belajar siswa kelas X dan XI program keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Pengasih, (2) mengetahui pengaruh keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar, (3) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar, (4) mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sebanyak 193 siswa. Sampel penelitian sebanyak 137 siswa yang ditentukan dengan nomogram Harry King, selanjutnya sampel tiap kelas ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket, dan dokumentasi untuk memperoleh nilai rata-rata rapor. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi linier ganda. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) kegiatan ekstrakurikuler yang paling banyak diikuti oleh siswa yaitu pramuka kemudian sepak bola, drumband dan bola voli, keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler termasuk kategori tinggi dengan presentase terbanyak yaitu (53%) namun keaktifan siswa dalam kepengurusan masih rendah, kebiasaan belajar siswa termasuk dalam kategori baik dengan presentase terbanyak yaitu (43%) namun cara belajar mandiri dan belajar kelompok masih rendah sehingga perlu ditingkatkan, prestasi belajar siswa termasuk dalam kategori lulus cukup dengan presentase terbanyak yaitu (94%), (2) keaktifaan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar berdasarkan harga thitung = 4,205 > harga ttabel = 1,960 dan nilai signifikansi 0,00 < taraf signifikansi 0,05 serta sumbangan efektif sebesar 18,4%, (3) kebiasaan belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar berdasarkan harga thitung = 2,649 > harga ttabel = 1,960 dan nilai signifikansi 0,009 < taraf signifikansi 0,05 serta sumbangan efektif sebesar 10,1%, (4) keaktifaan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kebiasaan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar Fhitung = 26,706 > harga Ftabel = 4,769 dan nilai signifikansi 0,00 < taraf signifikansi 0,05 Kata kunci : Ekstrakurikuler, kebiasaan belajar, prestasi Belajar, SMK N 2 Pengasih

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Mar 2016 04:37
Last Modified: 30 Jan 2019 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30138

Actions (login required)

View Item View Item