PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X TAV SMK MAARIF NU BOBOTSARI

Masruri, Abdillah (2016) PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X TAV SMK MAARIF NU BOBOTSARI. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Masruri Abdillah 07502241034.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X TAV SMK MAARIF NU BOBOTSARI Oleh : Masruri Abdillah NIM. 07502241034 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besarnya sumbangan Motivasi, Disiplin dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi belajar elektronika dasar Siswa Kelas X Audio Video di SMK Maarif NU Bobotsari Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X Audio Video SMK Maarif NU Bobotsari yang berjumlah 42 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk semua variabel. Validitas instrumen penelitian dilakukan melalui expert judgment dan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment.Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbrach. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda 3 prediktor pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif antara motivasi terhadap prestasi belajar elektronika dasar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r hitung lebih besar dari r tabel (0,396>0,304); (2) Terdapat pengaruh positif antara disiplin terhadap prestasi belajar elektronika dasar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien rhitung lebih besar dari r tabel (0,396>0,304); 3) Tidak terdapat pengaruh positif antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar elektronika dasar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r hitung lebih kecildari rtabel (0,110<0,304); (4) Terdapat pengaruh positif antara motivasi, disiplin dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar elektronika dasar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien r = 0,445, koefisien determinan (r2) sebesar 0,135atau sebesar 13,5%, r hitung lebih besar dari r tabel (0,445>0,304) dan ditunjukan dengan persamaan Y = 61,036+ 0,203X1 + 0,237X2 + (-0,200)X3. Koefisien determinan sebesar 13,5%, dimana motivasi memberikan sumbangan efektif sebesar 6,59%, disiplin memberikan sumbangan efektif sebesar 5,86% dan penggunaan media pembelajaran memberikan sumbangan efektif sebesar 1,03%. Kata kunci : motivasi, disiplin, penggunaan media pembelajaran,dan prestasi belajar elektronika dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Mar 2016 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30135

Actions (login required)

View Item View Item