MARLIA, NURCAHYATI (2016) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS X DI SMK BOPKRI 2 YOGYAKARTA MARLIA NURCAHYATI. S1 thesis, U N Y.
|
Text
MARLIA NURCAHYATI 06511241027.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS X DI SMK BOPKRI 2 YOGYAKARTA MARLIA NURCAHYATI 06511241027 Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pelaksanaan aktivitas pembelajaran teori mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental dengan penerapan metode pembelajaran Make A Match.2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental pada pembelajaran teori dengan penerapan metode pembelajaran Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan desain penelitian model Spiral Kemmis dan MC Taggart dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BOPKRI 2 Yogyakarta pada bulan Februari sampai Juni 2012. Subyek penelitian ini adalah siswa SMK BOPKRI 2 Yogyakarta jurusan Tata Boga I kelas X tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri atas 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Uji validitas menggunakan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan aktivitas pembelajaran teori mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental dengan menerapkan metode pembelajaran Make A Match dengan dua siklus. Siklus I diterapkan pada sub indikator: dry heat cooking dan moist heat cooking, dan siklus II diterapkan pada sub indikator: fat cooking. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Terdapat peningkatan kualitas proses pembelajaran dengan ditandai siswa sudah dapat bekerjasama dalam menyelesaikan tugas 2.) terdapat peningkatan hasil belajar pembelajaran teori mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental kelas X Tata Boga I pada sub indikator: dry heat cooking dan moist heat cooking, dan sub indikator: fat cooking untuk siklus II dengan menerapkan metode pembelajaran Make A Match. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas dari siklus I sebesar 41.50 untuk pre test I dan 80.00 untuk post test I. Sedangkan untuk siklus II sebesar 63.11 untuk pre test II dan 87.27 untuk post test II. Jika dipersentasekan peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode Make A Match mengalami peningkatan pada siklus I 72.22 % dan siklus II 77.78%. Berdasarkan data tersebut seluruh siswa diakhir tindakan dapat mencapai standar Ketentuan Ketuntasan Minimal (KKM). Kata Kunci: Prestasi Belajar, Make A Match
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 01 Mar 2016 03:40 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30131 |
Actions (login required)
View Item |