ANALISIS KESULITAN GURU BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI DI KABUPATEN BANTUL DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 TAHUN AJARAN 2014/2015

Anggraeni, Luthfi (2015) ANALISIS KESULITAN GURU BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI DI KABUPATEN BANTUL DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Luthfi Anggraeni.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru biologi kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Bantul dalam 1) pemahaman struktur Kurikulum 2013, 2) persiapan perangkat pembelajaran, 3) pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah 6 guru biologi kelas XI SMA yang menggunakan Kurikulum 2013 dengan sampel 3 guru biologi kelas XI di SMA Negeri 2 Bantul, SMA Negeri 1 Sewon, dan SMA Negeri 1 Kasihan. Pemilihan sampel dengan teknik purposive sampling dengan kriteria SMA Negeri di Kabupaten Bantul yang termasuk peringkat 5 besar Ujian Nasional tahun ajaran 2014/2015. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data penelitian diperoleh dengan cara pengisian angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi perangkat pembelajaran guru biologi kelas XI SMA. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan yang dialami oleh guru biologi kelas XI dalam pemahaman struktur kurikulum adalah memahami penjabaran struktur kurikulum, teknik instrumen penilaian yang mencakup 3 ranah penilaian, dan pengisian nilai raport. Kesulitan dalam persiapan perangkat pembelajaran yaitu menentukan keterpaduan antara KI dan KD, serta menjabarkan kesesuaian KI dan KD. Kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 yaitu melakukan penilaian peserta didik yang mencakup 3 ranah kompetensi, penilaian keterampilan, dan penilaian sikap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesulitan, implementasi Kurikulum 2013, pemahaman, persiapan, pelaksanaan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 01 Mar 2016 04:41
Last Modified: 30 Jan 2019 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30125

Actions (login required)

View Item View Item