ANALISIS PENGARUH FREE CASH FLOW, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, DAN SALES GROWTH TERHADAP DIVIDEND POLICY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Aqilia, Wiby (2011) ANALISIS PENGARUH FREE CASH FLOW, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, DAN SALES GROWTH TERHADAP DIVIDEND POLICY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
WibyAqilia_11408141023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dividend Policy merupakan sebuah keputusan penting yang perlu dibuat oleh perusahaan yang telah go public. Kebijakan ini tidak hanya menyangkut kepentingan perusahaan, namun juga kepentingan pemegang saham. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel free cash flow, investment opportunity set, dan sales growth terhadap dividend policy pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013. Penelitian ini ber Sampel yang digunakan dalam penelitian ini didapat dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada terdapat 96 unit observasi dari 24 sampel perusahaan manufaktur yang memiliki data sesuai dengan kebutuhan penelitian selama periode 2010-2013. Data diperoleh dari ICMD dan Pusat Informasi Pasar Modal. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan dengan level signifikansi 5%. Selain itu, juga dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel free cash flow tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Hal ini dibuktikan dari nilai koefisien regresinya sebesar 0,077 dengan signifikansi 0,087. Sementara itu, variabel IOS berpengaruh signifikan negatif karena memiliki koefisien regresi sebesar -0,977 dengan signifikansi 0,000. Variabel terakhir dalam penelitian ini yaitu sales growth tidak berpengaruh terhadap dividend policy dengan koefisien regresi 0,102 dengan signifikansi 0,360. Kemudian, hasil dari Adjusted R Square adalah sebesar 0,429 atau sebesar 42,9%, yang berarti bahwa variabel free cash flow, investment opportunity set, serta sales growth menjelaskan variabel dividend policy sebesar 42,9%, sedangkan sisanya 57,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Hasil dari Signifikasi F hitung sebesar 0,000 lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi yang diharapkan yaitu 0,05, yang berarti bahwa bahwa free cash flow, investment opportunity set, serta sales growth secara simultan berpengaruh terhadap dividend policy perusahaan manufaktur.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dividend Policy, Free Cash Flow, Investment Opportunity Set, Sales Growth.
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 01 Mar 2016 04:40
Last Modified: 01 Mar 2016 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30123

Actions (login required)

View Item View Item