Didja, Maria Yunita (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENERAPKAN MOTODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MONGGANG SEWON BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
Text
Maria Yunita Didja.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dalam menerapkan metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas V SD Negeri Monggang Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian tindakan kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah kelas VB sebanyak 17 orang siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 6 siswa.Teknik pengumpulan data antara lain menggunakan obsevasi, tes dan dokumentasi dalam kegiatan pembelajaran. Pada prasiklus siswa yang mencapai ketuntasan baru 23,52%. Pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 35,29% dan pada siklus II ketuntasan siswa mengalami peningkatan lagi menjadi 100%. Dari hasil analisis data terjadi bahwa pada sitiap siklus terjadi peningkatan dalam nilai siswa. hal ini dilihat pada nilai rata-rata siswa yaitu pra tindakan 69,64, siklus I meningkat menjadi 73,82 dan siklus II meningkat dengan baik yaitu 85. Hal yang sama juga terjadi pada kesungguhan belajar siswa dikelas. Berdasarkan hasil analisis data dapat simpulkan bahwa dalam menerapkan metode inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VB. Kata kunci: hasil belajar IPA, metode inkuiri terbimbing
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 29 Feb 2016 07:41 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30118 |
Actions (login required)
View Item |