PERSEPSI GURU TERHADAP METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA KELAS III SDN BAKALAN, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

Kamahi, Ismail (2016) PERSEPSI GURU TERHADAP METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA KELAS III SDN BAKALAN, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ismail Kamahi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap metode problem solving dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam matematikadi kelas IIISD Negeri Bakalan, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru kelas III yang berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Hubberman yaitu, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verivcation (penarikan kesimpulan) Hasil penelitian ini menunjukkan Guru belum sepenuhnya melakukan langkah-langkah problem solving dalam pembelajaran, selain dari itu siswa juga belum begitu paham tentang pembelajaran menggunakan metode problem solving. Hal ini menyebabkan pelaksanaan metode problem solving dalam pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal. Pembelajaran menggunakan pemecahan masalah juga belum terlaksana dengan baik karena siswa tidak bisa mengikuti pembelajaran yang menggunakan pemecahan masalah, selain dari itu pelaksanaan pembelajaran menggunakan pemecahan masalah belum terlaksana secara maksimal karena terkendala oleh waktu. Penerapan metode problem solving dalam pemecahan masalah bisa mengajarkan kepada siswa tentang langkah-langkah pemecahan masalah yang baik dan benar.Tetapi pelaksanaannya belum berjalan dengan maksimal. Kata kunci : Problem Solving, Pemecahan Masalah dalam Matematika, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Feb 2016 07:06
Last Modified: 30 Jan 2019 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30111

Actions (login required)

View Item View Item