Efektivitas Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Peserta Didik

Khofiyati, Khofiyati (2015) Efektivitas Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-khofiyati-13705251013.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keefektifan metode Project Based Learning dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemandirian belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik; 2) mengetahui keefektifan metode Project Based Learning dibandingkan dengan metode konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi experiment. Desain eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP di Kabupaten Sleman. Sampel dipilih dengan teknik random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dengan nontes berupa angket dengan skala likert untuk memperoleh data tentang kemandirian belajar dan tes untuk mengukur prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik parametrik yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) metode project based learning lebih efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar Pendidikan Kewarganegaraan dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini terbukti dengan mempertimbangkan harga t-hitung sebesar 3,43 pada p = 0,001 < 0,05. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar Pendidikan Kewarganegaraan antara kelompok yang menerapkan metode project based learning dan kelompok yang menerapkan metode konvensional. Peningkatan kemandirian belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang terjadi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan yang terjadi pada kelas kontrol; 2) metode project based learning lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini terbukti dengan mempertimbangkan harga t-hitung sebesar 2,32 pada p = 0,023 < 0,05. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan antara kelompok yang menerapkan metode project based learning dan kelompok yang menerapkan metode konvensional. Peningkatan prestasi yang terjadi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan yang terjadi pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode project based learning, kemandirian, prestasi
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 29 Feb 2016 06:39
Last Modified: 29 Feb 2016 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30107

Actions (login required)

View Item View Item