PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR GURU SMK NEGERI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI KABUPATEN SLEMAN

Marianus, Jefri Moa (2016) PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR GURU SMK NEGERI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Marianus Jefri Moa 08505244041.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR GURU SMK NEGERI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI KABUPATEN SLEMAN Oleh: Marianus Jefri Moa NIM. 08505244041 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi mengajar guru Mata Pelajaran Produktif Bidang Keahlian Teknik bangunan di SMK Negeri Kabupaten Sleman, yang berdasarkan pada aspek: kompetensi penguasaan materi pelajaran, pengelolaan kelas, penggunaan metode mengajar, penggunaan media pengajaran dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI Bidang Keahlian Teknik Bangunan di Kabupaten Sleman yang meliputi SMKN 1 Seyegan dan SMKN 2 Depok sebanyak 314 orang. Sampel diambil sebanyak 174 orang dengan tingkat kepercayaan 95%. Pengambilan sampel di lapangan dengan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Analisis data tersebut meliputi penyajian data terkecil dan terbesar, rentang data, mean, tabel distribusi frekuensi, histogram dan tabel kategori deskripsi masing-masing aspek berdasarkan pada skala penilaian skala Likert dengan empat alternatif. Hasil penelitian menunjukan secara umum persepsi siswa tentang kompetensi mengajar guru Mata Pelajaran Produktif Bidang Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri Kabupaten Sleman berada dalam kategori baik, dimana 27,60% siswa menyatakan sangat baik; 67,20% siswa menyatakan baik; dan 5,20% siswa menyatakan kurang baik. Persepsi siswa pada masing-masing sub variabel kompetensi mengajar yaitu: (1) komptensi penguasaan materi pelajaran berada dalam kategori baik, dimana 35,51% siswa menyatakan sangat baik; 59,20% siswa menyatakan baik; 5,20% menyatakan kurang baik; dan 0,6% menyatakan tidak baik; (2) kompetensi pengelolaan kelas berada dalam kategori baik, dimana 6,30% siswa menyatakan sangat baik; 51,70% siswa menyatakan baik; dan 42% siswa menyatakan kurang baik; (3) kompetensi penggunaan metode mengajar berada dalam kategori baik, dimana 31% siswa menyatakan sangat baik; 62,10% siswa menyatakan baik dan 6,90% siswa menyatakjan kurang baik; (4) kompetensi penggunaan media pembelajaran berada dalam kategori sangat baik, dimana 52,90% siswa menyatakan sangat baik; 46,60% siswa menyatakan baik; dan 0,60% siswa menyatakan kurang baik; (5) kompetensi evaluasi pembelajaran berada dalam dalam kategori baik, dimana 6,90% menyatakan sangat baik; 57,50% menyatakan baik; 35,10% menyatakan kurang baik; dan 0,60% menyatakan tidak baik. Kata Kunci : persepsi siswa, guru, komptensi mengajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Feb 2016 04:48
Last Modified: 30 Jan 2019 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30105

Actions (login required)

View Item View Item