PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN RITATOON TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PENYELESAIAN GAMBAR SECARA MIX MEDIA DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO

MARDLIYAH, KHASANAH (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN RITATOON TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PENYELESAIAN GAMBAR SECARA MIX MEDIA DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Mardliyah Khasanah 10513242005.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN RITATOON TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PENYELESAIAN GAMBAR SECARA MIX MEDIA DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO Oleh: MARDLIYAH KHASANAH NIM. 10513242005 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui pencapaian kompetensi penyelesaian gambar secara mix media pada kelas XI busana butik di SMK Negeri 3 Purworejo. 2)Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran ritatoon terhadap pencapaian kompetensi penyelesaian gambar secara mix media pada kelas XI busana butik di SMK Negeri 3 Purworejo. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, menggunakan desain posttest only control design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2013 di SMK Negeri 3 Purworejo. Subyek penelitian berjumlah 29 peserta didik pada kelas XI busana butik SMK Negeri 3 Purworejo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan tes (post test). Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu tes kognitif menggambar busana, lembar obsevasi penilaian sikap, lembar penilaian unjuk kerja dan instrumen kelayakan media. Uji normalitas menggunakan rumus Kolomogorov-Smirnov dan uji homogenitasnya menggunakan uji F. Untuk analisis data menggunakan uji t (t-test) untuk sampel mandiri (independen sampel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pencapaian kompetensi kelas non intervensi terdapat pada kategori tuntas sebanyak 7 peserta didik (24,1%), sedangkan pada kelas intervensi kategori tuntas sebanyak 29 peserta didik (100%). 2) ada pengaruh penggunaan media pembelajaran ritatoon terhadap pencapaian kompetensi penyelesaian gambar secara mix media di SMK Negeri 3 Purworejo, hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata yang diperoleh yaitu untuk kelas intervensi sebesar 82,45 sedangkan rata-rata nilai kelas non intervensi sebesar 68,17. Kemudian dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t (t-test) diperoleh t hitung -12,410 > t tabel 2,000, maka hasil uji t menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Media pembelajaran ritatoon, penyelesaian gambar mix media

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Feb 2016 04:22
Last Modified: 30 Jan 2019 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30101

Actions (login required)

View Item View Item