Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Saintifik di SMP Negeri 8 Yogyakarta

Gustin, Gustin (2015) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Saintifik di SMP Negeri 8 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-gustin-13705251027.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 8 Yogyakarta berkenaan dengan: (1) pemahaman guru dalam pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian hasil belajar dan tindak lanjut, (4) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran, (5) cara mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan desain model evaluasi countenance stake serta menggunakan pendekatan mixed methods secara sequential exploratory. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Yogyakarta dengan subyek penelitiannya semua guru PPKn dan semua siswa kelas VII SMP Negeri 8 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengetahui pemahaman, kendala, dan upaya guru dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Angket digunakan untuk mengetahui pemahaman, pelaksanaan, serta penilaian hasil dan tindak lanjut pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Observasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di kelas. Dokumentasi digunakan untuk melengkapi data wawancara dan observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman guru PPKn tentang pendekatan saintifik sudah sangat baik hal ini dapat ditunjukan berdasarkan persentase pemahaman guru dalam pendekatan saintifik 66,66% pada kategori sangat tinggi; (2) pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 8 Yogyakarta sudah sangat baik hal ini ditunjukan berdasarkan persentase pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik 74,92% pada kategori sangat tinggi; (3) pelaksanaan penilaian hasil dan tindak lanjut pembelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Yogyakarta dikategorikan sangat baik; berdasarkan persentase penilaian hasil dan tindak lanjut 66,66% pada kategori sangat baik; (4) kendala pembelajaran dengan pendekatan saintifik tidak banyak ditemukan dalam pelaksanaannya; (5) upaya-upaya dilakukan guru dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik sudah baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran, pendekatan saintifik
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Feb 2016 04:28
Last Modified: 29 Jan 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30100

Actions (login required)

View Item View Item