Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Negeri Se-Kabupaten Lombok Tengah Ditinjau dari Motivasi Berwirausaha, Informasi Bisnis, dan Lingkungan Keluarga

Amenan, Amenan (2015) Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Negeri Se-Kabupaten Lombok Tengah Ditinjau dari Motivasi Berwirausaha, Informasi Bisnis, dan Lingkungan Keluarga. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-amenan-13705251030.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh motivasi berwirausaha, informasi bisnis, dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMK Negeri Kabupaten Lombok Tengah, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan dengan pendekatan expost facto. Sebagai variabel terikat adalah kesiapan berwirausaha dan sebagai variabel bebas adalah motivasi berwirausaha, informasi bisnis dan lingkungan keluarga. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK Negeri Se- Kabupaten Lombok Tengah. Sampel sebanyak 260 siswa dari emapat sekolah ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data yang yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur variabel motivasi berwirausaha, informasi bisnis, lingkungan keluarga, dan kesiapan berwirausaha. Data penelitian dianalisis dengan teknik regresi ganda, dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah: (1) hasil analisis regresi parsial menunjukkan adanya pengaruh positif motivasi berwirausaha terhadap kesiapan berwirausaha berdasarkan koefisien regresi parsial r = 0,644 pada p = 0,000; (2) terdapat pengaruh positif informasi bisnis terhadap kesiapan berwirausaha dengan koefisien regresi parsial r = 0,675 pada p = 0,000; (3) terdapat pengaruh positif lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha dengan koefisien regresi parsial r = 0,577 pada p = 0,000; (4) hasil regresi ganda menunjukkan motivasi berwirausaha, informasi bisnis, dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kesiapan berwirausaha dengan nilai R = 0,741; F = 85.700 pada p = 0,000 dan sumbangan efektif 64,9%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesiapan berwirausaha, motivasi berwirausaha, informasi bisnis, lingkungan keluarga
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Feb 2016 04:06
Last Modified: 29 Jan 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30096

Actions (login required)

View Item View Item