Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta

Muniroh, Jauharotul (2016) Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jauharotul-muniroh-13703251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem manajemen sumber daya manusia terkait tentang perencanaan, perekrutan, penempatan dan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Mei 2015. Subjek penelitian MAN I Yogyakarta dan MAN II Yogyakarta. Sumber data kepala madrasah, kepala TU, guru, kepala lab IPA, kepala lab komputer, dan laboran perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen penelitian memanfaatkan pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis data model interaktif Miles & Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 & 2 Yogyakarta tidak terlepas dari peran Kementerian Agama DIY; dengan mengupayakan (1) perencanaan pendidik dan tenaga kependidikan honorer dengan cara mengusulkannya dari bawah ke atas yaitu dari madrasah ke Kantor Wilayah Kementerian Agama, dengan menggunakan tiga analisis yaitu melalui analisis kebutuhan, analisis jabatan, analisis beban kerja, sehingga mampu melakukan analisis kelebihan dan kekurangan; (2) perekrutan pendidik dan tenaga kependidikan honorer dengan menentukan kualifikasi penerimaan sehingga diperoleh pendidik yang berkompeten sesuai dengan mata pelajaran yang diampu; sedangkan tenaga kependidikan yang memiliki skill dan keahlian yang dibutuhkan; (3) penempatan pendidik mengacu pada prinsip the right man on the right place akan tetapi masih terdapat mismatch sebesar 10% antara latar belakang pendidikan dengan mata pelajaran yang diampu; (4) kegiatan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan meliputi pendidikan dan pelatihan berupa bimtek, spiritual quantum learning, studi lanjut, pengembangan diri melalui musyawarah guru mata pelajaran, kegiatan pengajian dan pembinaan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pendidik dan tenaga kependidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Mar 2016 04:35
Last Modified: 16 Dec 2022 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30090

Actions (login required)

View Item View Item